10 CARA AMPUH MEMUTIHKAN PAKAIAN TANPA MENGGUNAKAN PRODUK PEMUTIH

Putih adalah warna pakaian yang paling sulit untuk terus dipertahankan agar tetap cerah dan baru setelah dipakai beberapa bulan. Keringat, kotoran, dan minyak dengan mudah berubah menjadi noda bandel yang menempel di pakaian. Sering warna dari pakaian lain ikut luntur yang menyebabkan baju putih anda ikut menjadi “korban” warna pakaian lain. Tapi.. sebelum anda menggunakan produk pemutih untuk mengembalikan warna putih cerah pakaian anda, cobalah beberapa tips yang lebih aman di bawah ini dengan menggunakan beberapa benda yang ada di sekitar rumah anda sebagai gantinya.

1. Rendam pakaian di dalam cairan jeruk nipis

Alih-alih mengirim baju putih anda ke laundry untuk masalah ini, memutihkan baju yang telah menguning dapat dilakukan dengan merendam di air perasan jeruk nipis. Agar efeknya lebih terasa, anda dapat merendamnya di air rendaman jeruk purut yang mendidih. Panaskan air sampai mendidih dan masukkan pakaian anda selama kurang lebih 1 jam. Anda juga akan mendapatkan hal yang sama dengan mencampur air rendaman jeruk nipis saat membilas pakaian anda.

rendam pakaian dalam jeruk nipis

  1. Memutihkan dengan Kekuatan Sinar Matahari

Saat pakaian putih Anda baru selesai dicuci dan masih basah, jangan langsung keringkan. Alih-alih membuat pakaian anda “menderita” melalui panas sangat tinggi di dalam pengering mesin cuci, coba baringkan pakaian tersebut di bawah sinar matahari langsung. Secara alami hal ini memutihkan pakaian anda. Matahari akan memutihkan pakaian Anda tanpa bau dan tanpa perlu produk pemutih.

  1. Tambahkan Cuka Putih

Dapatkan kembali warna putih pakaian anda seperti baru kembali dengan menambahkan beberapa tetes cuka putih pada rendaman pakaian cucian. Cuka putih bahkan dapat melembutkan kain, membawa kembali kecerahan dan kenyamanan kembali ke pakaian Anda.

  1. Tambahkan Soda Kue saat Merendam

Campurkan air dan sedikit Soda Kue untuk mendapatkan warna lebih putih pada pakaian anda tanpa perlu menambahkan produk pemutih komersil lain. Cukup tambahkan satu cangkir baking soda ke dalam empat liter air, lalu rendam pakaian anda. Rendam sebentar, maka pakaian Anda akan segar dan bersih setelah selesai.

  1. Coba Bereksperimen dengan Sabun Cuci Piring

Anda mungkin tidak tahu ada produk pemutih lain yang bisa anda gunakan di dapur anda: sabun pencuci piring. Ya.. sabun cuci piring yang lebih ramah lingkungan bekerja sama baiknya dengan beberapa produk di atas. Cukup campur sedikit sabun cuci piring dengan deterjen biasa, dan cucilah seperti biasa baik itu dengan mesin cuci ataupun dengan cuci tangan.

  1. Gunakan Obat Aspirin

Aspirin sering digunakan sebagai obat untuk meredakan sakit kepala dan banyak sakit lainnya. Ternyata obat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel di pakain putih anda. Larutkan lima pil aspirin putih ke dalam air, dan masukkan pakaian anda ke dalam campuran air tersebut. Rendam sebentar, lalu masukkan ke mesin cuci atau anda dapat lanjutkan dengan mencuci menggunakan tangan. Pastikan untuk tidak menggunakan Aspirin berwarna selain putih, atau pakaian anda akan kelihatan semburat warna-warni.

aspirin pemutih pakaian

Gunakan Obat Aspirin Untuk Memutihkan Pakaian Anda

  1. Tambahkan sedikit Belau (Pewarna Biru)

Meskipun mungkin terdengar bertentangan dengan niat awal agar pakaian semakin putih, tapi dengan menambahkan sedikit pewarna biru untuk laundry putih anda dapat menangkal noda kuning yang sudah ada di pakaian putih anda. Carilah Belau (Pewarna Biru) di toko kelontong/ serba ada, dan ikuti secara secara seksama petunjuk pada botol. Perlu kami peringatkan untuk tidak secara langsung menuangkan Belau (Pewarna Biru) langsung pada pakaian Anda. Tambahkan ke air untuk rendaman saja.

  1. Coba Memutihkan dengan Boraks (Pemutih Makanan)

Sedikit boraks dapat bekerja meningkatkan efektivitas deterjen cuci biasa anda, sehingga lebih efektif dalam mengembalikan kebersihan dan warna putih nya. Ini juga merupakan tambahan yang dapat menghilangkan sisa noda yang melekat dan juga melembutkan air cuci rendaman.

  1. Jangan Menggunakan Deterjen

Setiap kali pakaian anda di-laundry dan dicuci, pakaian putih Anda menjadi tempat tumpukan deterjen dan sisa-sisa dari lembaran pengering dan hal ini dapat meyebabkan munculnya noda kekuningan. Sebaiknya saat anda melaundry, sesekali cuci tanpa menggunakan deterjen, dan gunakan sedikit ammonia untuk menghilangkan sisa deterjen yang sudah terakumulasi di pakaian anda.

  1. Cerahkan dengan Hidrogen Peroksida

Benda yang umum terletak di lemari obat anda, hidrogen peroksida dapat memberikan warna putih yang baru ke dalam warna putih kusam baju anda. Hidrogen Peroksida ini merupakan oksidator yang melarutkan sisa residu dan noda pada pakaian dan mencerahkan kembali warna putihnya.